Dude It's Es Sekoteng & Siomay Boper (Bogor Permai)!



19 Desember, 2013


 "So long as you have food in your mouth, you have solved all questions for the time being." - Franz Kafka.




Dear friend,

Nafsu makan kalian akhir-akhir ini menggila? Jangan khawatir kalian tidak sendirian kok. Kalau mau makan ya makan saja, jangan takut jadi gemuk. Justru ketika kalian mengkhawatirkan berat badan nafsu makan makin sulit dikontrol. Tapi yang perlu digarisbawahi makanlah dengan bijak, jangan jadi tipe orang lapar mata dan kalapan. Well selamat makan *eh* hahaha.


Oya liburan kali ini berkunjung ke Bogor, Jawa Barat, yuk. Selain terkenal dengan Istana Bogornya, Kebun Rayanya, talasnya, curah hujannya, dan (sekarang) macetnya, ternyata Bogor memiliki segudang tempat wisata kuliner yang sayang jika dilewatkan begitu saja lho. Salah satunya Es Sekoteng & Siomay BoPer (Bogor Permai).


Terletak di pertigaan Jalan Sawo Jajar, Bogor, dan bersebelahan dengan Toko Roti Bogor Permai yang tersohor kalian akan menemukan sebuah kedai makan ala food court pinggir jalan. Tempatnya sederhana sekali, hanya sebuah gerobak besar tak beroda yang posisinya agak menjorok ke dalam dan dikelilingi oleh penjaja makanan lain seperti soto, sate, dan lain-lain. Jangan mengharapkan duduk di tempat duduk empuk dan nyaman, di sini hanya tersedia bangku-bangku kayu panjang saja. Karena areanya agak sempit kalian harus rela berbagi tempat duduk dan berbaur dengan pembeli lainnya. 


 
Kemarin matahari besinar cukup terik padahal waktu baru menunjukkan pukul 10.00 WIB. Berbekal rasa penasaran, Akhie menyambangi kedai sederhana ini bersama seorang sobat. Ketika kami tiba siomay masih di kukus, pembeli baru kami saja,  es sekoteng pun belum tersedia. Dengan sabar (dan lapar) kami menunggu dengan manisnya.


Siomay yang dijual di sini menggunakan ikan tenggiri segar dalam pembuatannya, dijamin kalian tak akan menemukan rasa langu. Pun untuk pendamping siomay seperti kol, kentang, tahu serta bumbu kacangnya mereka menggunakan bahan yang kualitasnya baik.
                                                                                           


                                                  
Menu yang ditawarkan sendiri hanya dua, es sekoteng dan siomay saja. Mahal? Tidak perlu khawatir karena harga makanannya terjangkau banget dan gak akan membuat kantong kalian jebol.  


Siomay (IDR 17K)




Rasa ikan tenggirinya terasa sekali, tahunya lembut, kol; kentang; telurnya dikukus dengan suhu pas sehingga tidak overcooked alias kematangan (baca: lembek). Campuran bumbu kacang pedas yang melimpah membuat rasa siomay ini semakin nikmat dan nendang. Kalian harus coba.


Es Sekoteng (IDR 10K)



Es Sekoteng? Sekoteng harusnya disajikan hangat kan? Hahaha iya, tapi sekoteng di sini beda. Alih-alih menggunakan kuah jahe, sebagai penggantinya mereka menggunakan serutan es dan susu. Isiannya terdiri dari alpukat, kelapa kopyor lembut nan legit, dan pacar cina. Semua berpadu menciptakan rasa segar di mulut. Porsinya pas dan sangat cocok dinikmati dalam kondisi apapun. Serius? YES. Khawatir kemanisan? Kalian bisa request dibuatkan yang tidak terlalu manis kok.


Bersantap di Es Sekoteng & Siomay BoPer (Bogor Permai) merupakan pengalaman yang menarik. Selain dapat menikmati penganan murah dan enak, kalian juga bisa berinteraksi dengan pembeli lain yang rata-rata datang dari luar kota Bogor. Sekadar informasi, kalau mau berkunjung ke sini usahakan jangan terlalu siang atau sore. Kenapa? Karena semakin siang antreannya semakin gila dan kalau kesorean kalian akan gigit jari karena es sekoteng dan siomaynya pasti HABIS terjual.


Es Sekoteng & Siomay Bogor Permai
Jl. Sawo Jajar (Sebelah Toko Roti Bogor Permai (Jl. Sudirman No. 23))
Bogor 
Open Hours: 10.00 AM - 16.00 PM*
*opening & closing hours may change without prior notice*


Love always,


Akhie
contact.nhr@gmail.com | InstagramTwitter