Unite The Union. UNION The Brasserie, Bakery, & Bar.

Bagiin:

09 Desember, 2013 
 

 “One cannot think well, love well, sleep well, if one has not dined well.”- Virginia Woolf

 


Dear friend,

Akhir tahun sudah di pelupuk mata, awal tahun kian dekat. Apakah kalian sudah mempersiapkan resolusi untuk tahun depan? Kalo Akhie jujur belum ada resolusi apapun untuk tahun depan, tapi yang pasti akan membuat ulasan resto di blog ini lebih banyak lagi hahaha. Ya apapun resolusi kalian untuk tahun depan semoga membawa kebaikan yang lebih dari tahun sebelumnya aamiin.
  

Kamis kemarin Akhie dan seorang sobat kesampaian menyambangi UNION The Brasserie, Bakery, and Bar yang terletak di Street Gallery Terrace, Pondok Indah Mall, Jakarta. Karena posisinya yang cukup strategis, tidak sulit menemukan resto yang satu ini.

 
Waktu menunjukkan pukul 11.00 WIB, UNION baru saja buka. Pertama kali menginjakkan kaki ke sini kalian akan disambut harumnya fresh baked bread & pastry yang sedang dimasukkan ke dalam pastry case. Melipir sedikit ke dalam kalian akan disambut oleh pramusaji yang dengan sigap menunjukan tempat kosong untuk kalian tempati.


Berada di UNION serasa berada di rumah kuno peninggalan pemerintahan kolonial Belanda. Semua serba klasik, antik, tertata apik, dan homey. Sayang konsep ruangan semi terbuka yang mereka usung membuat lalat dengan mudahnya masuk ke dalam, dan ketika Matahari sedang terik-teriknya pendingin ruangan sedikit kehilangan kemampuannya. 

Ruangannya sendiri didominasi unsur kayu dan terbilang luas. Areanya dibagi menjadi dua yakni indoor (non smoking area) dan outdoor (smoking area).





  
Untuk penikmat wine, kalian akan dimanjakan dengan berbagai pilihan wine yang tersedia di bar.

 



Menu makanan yang ditawarkan UNION beragam, namun bagi kalian yang beragama Islam harus sedikit cermat karena beberapa menu di sini menggunakan babi sebagai bahan utama masakannya.  

Oya selagi menunggu pesanan kalian tiba, kalian akan disuguhi complimentary food berupa Baguette lembut ditemani salted butter lho.
 


Menu yang kami pesan:

DRINKS


The Vert Gun Powder Green Tea (IDR 30K)
 


“Rasa green tea-nya strong”, ujar pramusaji UNION kala itu. Namun yang Akhie rasakan hanya green tea biasa yang terasa hambar ketika disesap. Meh.

 
Lychee Ice Tea (IDR 35K)

  
Paduan teh dan leci bukanlah sesuatu yang baru. Lychee Ice Tea di UNION manis dan segar namun tidak ada yang istimewa.



MAIN COURSE

Salmon Ravioli (IDR 75K)

 


Tekstur Ravioli-nya bagus dan dimasak Al Dente, saus tomat berpadu bawang putih dan olive confit-nya segar, tapi bau amis dari salmon yang menyeruak bahkan sebelum dimakan membuat kami sedikit berjengit. 





DESSERTS

Red Velvet Cake (IDR 55K)
 

Red Velvet Cake merupakan salah satu signature cakes di UNION. Red Velvet ini terlihat cantik dengan warna dan layer yang terlihat begitu presisi. Ukuran cake-nya boleh besar, tapi tekstur cake-nya empuk, lembut dan meleleh di mulut ketika dimakan. VERY RECOMMENDED.




Dulche de Leche Flaky Doughnut with Condensed Milk Ice Cream (IDR 45K)






Ini merupakan Cronut versi UNION. Menu ini dan Caramel Peanut Flaky Doughnut belum tersedia saat kami pesan, jadi kami harus menunggu sekitar 25 menit untuk mencicipi dua menu tersebut. Bagi kami tak masalah karena kami penasaran akan rasanya. Ekspektasi kami lumayan tinggi mengingat dua menu ini lumayan sering wara wiri di linimasa sosial media macam Path, Twitter, serta Instagram.

Ketika menu ini sampai di meja, kami cukup terkesan dengan penampilannya yang golden brown. Bagaimana dengan rasanya? Rasanya enak, but for me err for us, the condensed milk way too sweet, the Flaky Doughnut lil bit oily. Berita baiknya, sang es krim pendamping  dapat meminimalisasi rasa manis dari condensed milk. Lalu kami pikir akan menemukan vanilla filling di dalamnya, ternyata nihil, kami tak menemukan apapun. 


Caramel Peanut Flaky Doughnut (IDR 35K)



Seperti yang Akhie jelaskan di atas, kami juga harus menunggu untuk menikmati Flaky Doughnut khas UNION ini. Ketika sampai di meja, kami terkesan dengan penyajian yang terlihat berbeda. Jika resto lain menyajikan Cronut dalam wujud bulat khas Cronut, di UNION disajikan memanjang dan ditusuk ala sate. 

Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya? Jujur kecewa. Kenapa? Karena Flaky Doughnut-nya lebih berminyak dibandingkan Dulche de Leche Flaky Doughnut sebelumnya. Kami tak merasakan apapun selain rasa minyak, bahkan lelehan coklat dan taburan kacang di Flaky Doughnut ini tak menolong. Akhie sendiri agak sulit menghilangkan rasa eneg akibat minyak yang terlalu berlebihan tersebut. TOO BAD, sorry.


Pengalaman makan di UNION cukup mengesankan. Pelayanannya baik, suasana restonya oke, dan yang paling penting ada colokan listrik. Ada kemungkinan akan kembali lagi ke UNION untuk mencicipi menu khas mereka yang lain.




UNION The Brasserie, Bakery, & Bar
Street Gallery Terrace
Ground Floor Pondok Indah Mall 1
Jl. Metro Pondok Indah
Jakarta Selatan 12310
Tel : (+6221) 29529781/ 82 (RSVP)
      : (+6221) 29529783 (Bakery & Pastry)
Open Hours: 11.00 PM - 02.00 AM.


Love always,




Akhie
contact.nhr@gmail.com | Twitter | Instagram




Bagiin:
Menurutmu:

Kirimkan ocehan: