Onde Mande Rancak Bana! Ketupat Padang di Kedai Uni As.

Bagiin:


07 Januari, 2013

 “Humor keeps us alive. Humor and food. Don't forget food. You can go a week without laughing.”- Joss Whedon




Dear friend,


Wah liburan telah usai nih, bagaimana liburan akhir tahun kalian? I bet it truly was a wonderful holiday with many great memories to have. Liburan memang selalu menyenangkan ya, banyak pengalaman baru yang bisa kalian dapatkan, salah satunya pengalaman kuliner. Gak bisa dipungkiri kalau wisata kuliner saat liburan menjadi satu dari sekian hal yang paling seru. Kok bisa? Jelas, karena ada perjuangan untuk mencapai tempat kuliner yang ingin didatangi dan itu merupakan tantangan tersendiri, lalu setelah sampai di tempat yang dituju lidah kalian diajak untuk beradaptasi menikmati sesuatu yang baru, sesuatu yang mungkin kalian belum pernah coba sebelumnya. Itu bagian paling asyik, ah I really love that feelin’. Okesip liburan cepatlah datang (lagi) hahaha. 


Dua hari yang lalu tiba-tiba teringat kalau ibu dari salah seorang sahabat memiliki sebuah usaha kedai makan lumayan tersohor yang berlokasi di Jl. Dewi Sartika, Bogor. Tanpa pikir panjang dan dengan langkah riang pagi itu akhirnya Akhie dan seorang sobat mendatangi kedai yang dimaksud. Letak kedainya agak terpencil karena bersanding dengan ruko-ruko besar di daerah Pasar Anyar, Bogor. Sempat tersasar namun akhirnya kami menemukan Kedai Ketupat Padang Uni As. 


Panggil saja beliau uni As, ibu tiga orang putri ini telah 13 tahun berjualan ketupat Padang meneruskan usaha kuliner yang sebelumnya dikelola oleh sang kakak. setiap hari dan setiap pagi mulai pukul 06.00 WIB uni As dibantu suami sibuk melayani pembeli yang sudah antre bahkan sebelum kedai buka. Ya, Kedai Ketupat Padang Uni As ini gaungnya lumayan luas di kalangan pencinta ketupat Padang. 



Kedainya memang tidak besar dan kapasitas tempat duduknya terbatas, namun kami takjub melihat antusiasme pembeli yang datang tak henti-hentinya dan rela makan sambil berdiri demi menikmati ketupat Padang buatan uni As. Kami hanya bisa melongo melihat antrean yang mengular, beruntung anak pemilik kedai adalah sahabat kami jadi kami mendapat perlakuan spesial ehehehe. 


Pelanggan tetap kedai ini rata-rata berdomisili di daerah JaBoDeTaBek, mereka rutin datang ke sini setiap minggunya karena terlanjur cinta dengan ketupat Padang buatan uni As. Walau kedai serupa bertebaran di Jl. Dewi Sartika namun mereka tetap kembali ke sini. Lalu kenapa ketupat Padang buatan uni As sangat disukai? Pertama, rasanya enak, mutu serta kebersihan makanannya terjamin. Kedua, porsinya banyak. Ketiga, harga ketupat Padang di kedai ini terjangkau dan gak akan membuat kantong kalian bolong. Gak percaya?
  • Ketupat + Gulai Nangka dan/atau Gulai Pakis (IDR 6K)
  • Ketupat + Gulai Nangka dan/atau Gulai Pakis + Mie Goreng (IDR 8K)
  • Ketupat + Gulai Nangka dan/atau Gulai Pakis + Sambalado Telur (IDR 8K)                      
  • Ketupat + Gulai Nangka dan/atau Gulai Pakis + Sambalado Telur + Mie Goreng (IDR 9K)


Gulai Nangka


Menu yang ditawarkan kedai ini jelas ketupat Padang khas Pariamannya. Namun berbeda dengan ketupat sayur yang biasa kalian temui, ketupat ala Padang itu khas karena menggunakan sayuran jenis pakis yang ternyata memiliki khasiat yang baik bagi tubuh. 

Gulai Pakis
Seporsi ketupat Padang berisi potongan lontong yang nantinya disiram dengan gulai nangka dan/atau gulai pakis lalu ditambah kerupuk serta sambalado telur. Oya, kalian bisa pesan sesuai selera kalian.

Ketupat + Gulai Nangka + Gulai Pakis + Sambalado Telur (IDR 8K)



Lontongnya dimasak baik sekali dan teksturnya lembut, gulai nangkanya tidak terlalu berminyak, gulai pakisnya juga enak dan tekstur pakis membuat makan makin meriah. Semua komponen yang ada di piring saling terhubung sehingga menimbulkan sensasi 'hmmmmm' di mulut. Kalian harus coba.

Kalau makan ketupat padang belum lengkap rasanya jika tak berpelengkap. Nah di kedai uni As ini pelengkap yang disediakan lumayan banyak, antara lain mie goreng, Sala Lauk, keripik pedas, dan kremes. Beruntung saat kami datang ketupat Padang dan pelengkapnya masih komplet. Penasaran? Sila dilihat-lihat yuk.

Mie Goreng (IDR 3K)



Rasa mie gorengnya oke sama seperti mie goreng kebanyakan dan tidak ada yang istimewa.



Sambalado Telur (IDR 2K/ pieces) 


Rasa pedasnya pas dan bikin ketagihan. Demikian hihi.



Sala Lauk (IDR 2K/ 3 pieces)



I love this one. Sala Lauk sendiri merupakan cemilan khas Pariaman yang dibuat dari campuran tepung beras dan ikan asin peda, dibentuk bulat-bulat lalu digoreng. Rasanya gurih; tidak terlalu asin, crunchy outside; fluffy inside, dan tidak terlalu berminyak. MUST TRY!




Keripik Pedas Uni As (IDR 2K)



Keripik pedasnya buatan sendiri dan menggunakan singkong yang kualitasnya bagus. Rasanya gurih, pedasnya pas, dan yang pasti ENAK.




Kremes ala Uni As (IDR 1.5K)



Sama seperti keripik singkongnya, kremes ini buatan uni As sendiri dan (lagi-lagi) menggunakan singkong yang kualitasnya bagus. Kremes ala Sumatera Barat ini bahan pembuatnya sederhana sekali lho, hanya singkong yang telah diserut, kunyit, garam, dan bawang saja. Rasanya gurih, enak, renyahnya asyik, dan tidak terlalu berminyak.
  

Complimentary Drink (FREE)



Kalau kalian haus tinggal ambil Teh Poci ini sesuka hati, tenang kalian tak dipungut biaya sepeserpun alias gratis kok.


Bersantap di Kedai Ketupat Padang Uni As merupakan pengalaman kuliner lain yang menyenangkan. Selain karena dapat menikmati seporsi ketupat Padang yang nikmat, kalian juga dapat berinteraksi dengan pembeli lain, seru. Sekadar informasi, untuk kalian yang ingin bertandang ke sini di hari Sabtu atau Minggu usahakan jangan datang terlalu siang. Kenapa? Karena antreannya akan semakin mengular dan semakin siang ketupat Padangnya dipastikan HABIS terjual.
Selamat mencicipi nikmatnya ketupat Padang ala uni As, uni-uni dan uda-uda sekalian XD.


Kedai Ketupat Padang Uni As
Rukan Sentral Blok 5 (Dekat Permata Bank Pasar Anyar)
Jl. Dewi Sartika
Bogor
Phone         :  08212365887
Open Hours: 06.00 -10.00 AM* (Sun - Mon)
*opening and closing hours may change without prior notice 

Love always,



Akhie
contact.nhr@gmail.com | Twitter | Instagram 

Bagiin:
Menurutmu:

Kirimkan ocehan: