Taiwanese & Hong Kong Dessert? Hong Tang!



10 Januari, 2013

 “I'm not a vegetarian! I'm a dessertarian!”- Bill Watterson





Dear friend,



Ngeh gak sih kalau belakangan ini warga sosial media sedang gandrung mengunggah berbagai jenis dessert serupa bubble tea di dalam mangkuk dengan berbagai topping macam grass jelly, pearl, dan puding? Ya akhir-akhir ini linimasa Path, Twitter, Instagram, dan Facebook memang dipenuhi dengan postingan dessert yang kelihatannya enak itu seperti tak bosan-bosannya; lagi dan lagi. Asli bikin penasaran. Memang dessert apa sih itu? Nng biar lebih jelas simak ulasan Akhie di bawah ya.



Rabu kemarin Jakarta cerah seperti biasa, berbekal postingan (banyak) orang di sosial media dan ulasan dari beberapa food blogger akhirnya kami menyambangi Hong Tang Oriental Dessert Culture yang terletak di Tribeca Central Park Mall, Jakarta Barat. 



Hong Tang merupakan pionir untuk urusan hidangan penutup ala Taiwan dan Hong Kong yang sedang happening di jagat kuliner Jakarta, saat ini saja mereka telah memiliki tiga gerai yakni di Muara Karang, Pantai Indah Kapuk, dan Tribeca Central Park Mall. 




Menurut ulasan yang Akhie baca, Hong Tang juga terkenal akan antreannya yang mengular, namun saat kami datang tidak ada antrean berarti. Dari luar kami pikir sepi, sampai dalam  wow ternyata ramai pembeli, dan yang harus kalian garisbawahi Hong Tang ini tempatnya mungil sekali. Interior Hong Tang sendiri didominasi unsur kayu, penambahan furnitur serta lampion warna-warni memberi kesan ceria, walau tak dapat dipungkiri kalau restonya agak gelap.






Menu yang ditawarkan Hong Tang jelas hanya dessert khas mereka saja, kalian tidak akan menemukan menu makanan ringan atau berat di sini. Kami sendiri sempat kebingungan memilih menu yang akan dipesan karena semua tampak menggoda untuk dipesan hehe, namun akhirnya pilihan kami jatuh pada menu berikut:


Grass Jelly Dessert with Ice Cream, Q Ball, and Pearl (IDR 38K)




Menu dengan angka #28 Ini merupakan menu Hong Tang yang paling banyak dipesan –not to mention- dan paling sering diunggah ke sosial media. Porsinya besar & bisa untuk berdua, rasanya tidak terlalu manis, potongan grass jelly-nya besar sekali, Q ball dan pearl-nya kenyal-kenyal asyik dan enak, tambahan matcha ice cream membuat hidangan satu ini makin nikmat. RECOMMENDED.



Mix Pudding Dessert with Grass Jelly and Pearl (IDR 30K)




Kalau menu yang satu ini berisi potongan besar pudding cokelat yang enak, puding kopi, pudding mangga, pearl yang kenyal  & lumayan banyak, grass jelly lalu ditambah serutan es yang kemudian disiram dengan kuah putih yang entah apa namanya, sorry. Sayang penambahan pudding mangga membuat rasa hidangan penutup ini agak belok  –IMO-.




Douhua In Mango Soup (IDR 31K)



 
Menu yang Ini rasanya aneh. Kami suka dengan potongan mangga segar, nata de coco, serta es krim vanilanya, tapi tidak dengan kuah kental serupa santan yang membuat sajian hidangan penutup ini sangat creamy dan –jujur- bikin eneg.





Pengalaman menikmati hidangan penutup di Hong Tang merupakan pengalaman baru yang cukup menyenangkan. Terlepas dari tempatnya yang kecil; tidak ada wi-fi; tidak ada colokan dan agak berisik, pelayanan di sini cukup baik walau terlihat sekali raut capai dari wajah para pramusajinya. 



Untuk kalian pencinta dessert dingin dan mendamba berbagai macam hidangan penutup unik dengan porsi besar, Hong Tang bisa menjadi pilihan lho. Kami masih penasaran dengan menu hidangan penutup yang lain, DEFINITELY WE’LL BE BACK.


Hong Tang 
Tribeca at Central Park Mall Level UG
Jl. Letjen S. Parman Kav. 28
Jakarta Barat 11470

Love always,


Akhie
contact.nhr@gmail.com | Twitter | Instagram