Warung Gudeg Yogya Gepuk Empal Bu Ayu: Kenikmatan dan Keindahan Rasa Dalam Kesederhanaan.



01 Januari, 2014

 “If more of us valued food and cheer and song above hoarded gold, it would be a merrier world.” - J.R.R. Tolkien




Dear friend, 


Tahun 2013 telah berlalu, mari memulai tahun 2014 dengan senyum dan semangat baru. Ngomong-ngomong bagaimana perayaan tahun baru kalian semalam? Seru? Awsm. Oya semoga resolusi yang kalian buat di tahun ini semua tercapai, ya Aamiin.



Hingga pagi ini Bogor masih diguyur hujan. Niatan hati sih mau selimutan lagi dan tidak  melakukan apapun, tapi kok ya gak enak. Nah berbekal ulasan dari blog seorang teman, Akhie dan dua orang sobat akhirnya memutuskan untuk mengunjungi tempat yang ia tulis di blog. Tempatnya tidak jauh dari RS Bogor Medical Center (BMC (kalau jalan hanya beberapa meter dari RS BMC dan terletak di sebelah kiri jalan)), yang berlokasi di daerah Pajajaran, Bogor. Setelah tersasar karena kami belum pernah “menjajah” dan menjelajah daerah sini akhirnya kami menemukan tempat yang kami tuju, Warung Gudeg Yogya Gepuk Empal Bu Ayu.


Perkenalkan, beliau bu Ayu, 16 tahun yang lalu setelah suami berpulang beliau memutuskan untuk hijrah dan memboyong semua anaknya untuk menetap di Bogor dan memulai usaha warung serta katering kecil-kecilan hingga saat ini. Sekarang Warung Gudeg Ibu Ayu telah menginjak usianya yang ke-5, ibu paruh baya yang memiliki semangat juang tinggi serta ramah ini berjualan seorang diri tanpa bantuan siapapun, tapi khusus hari ini beliau dibantu seorang cucu yang sedang berlibur di Bogor. Menurut penuturannya beliau hanya tidur SATU JAM SEHARI setiap hari karena setelah berjualan beliau harus segera ke pasar, mulai menyiapkan semua bahan yang harus dimasak dan akhirnya memasak ketika dini hari tiba.  

“Ibu tidak pernah merasa capek karena ibu senang. Ibu senang berjualan seperti ini”, pungkas bu Ayu seakan menjawab rasa penasaran kami. Tubuhnya yang mungil tidak menghalangi gerakan gesitnya ke sana ke mari melayani pelanggan. Kami sangat takjub dan kagum dibuatnya.  


Oke awalnya kami pikir warungnya besar, ternyata kecil dan sederhana sekali. Rentetan bangku panjang menghiasi warung ini, walau kecil warung gudegnya sudah terkenal seantero Bogor lho
 




Pelanggan tetap gudeg bu Ayu datang dari berbagai penjuru kota dan daerah di Indonesia salah satunya Papua, WoW. Kenapa gudeg buatan bu Ayu banyak disukai? Pertama karena gudeg nangka buatannya tidak terlalu manis sehingga pas di lidah siapapun. Kedua karena porsi makanan yang beliau sajikan banyak sekali, piring sampai penuh sesak. Ketiga, beliau selalu mengutamakan mutu. Mulai dari beras, daging sapi, ayam, tahu, dan lain-lain. kualitasnya terjamin.

Gudeg Nangka Sang Primadona


Menu yang ditawarkan di warung ini jelas gudeg khas Yogyakarta, namun pelengkap gudeg di warung bu Ayu ini banyak! Ada sekitar 13 pelengkap menu gudeg yang beliau sediakan setiap harinya, sayang karena kami datang di saat liburan jadi beliau hanya menyediakan sekitar  7 pelengkap saja, antara lain:

Sambal Goreng Krecek 



Ukuran kreceknya besar-besar dan dimasak bagus sekali, bumbunya meresap, pedasnya mantap, cabai rawit kecil membuat krecek khas bu Ayu makin berwarna di mulut hahaha.

Tahu Pedas


Rasanya enak karena pedasnya pas. Demikian.

Telur  Pindang


Sama seperti gudeg buatannya, telur pindang buatan bu Ayu tidak manis namun legit dan enak di mulut.

Opor Ayam


Potongan ayamnya besar-besar karena bu Ayu tidak ingin pelanggannya kecewa. Bumbu opor racikannya pas dan mantap.

Hati-Ampela Pedas



This one is my favourite, potongan hati dan ampela ayamnya cukup besar dan pedasnya nendang. Oh satu lagi, NAGIH hihi.

Empal Gepuk


Potongan dagingnya besar -lagi-lagi karena bu Ayu ingin pelanggannya puas-, rasanya tidak terlalu manis, dagingnya empuk, dan serundeng kelapanya asyik di mulut.

Tumis Daun Pepaya


Cara masaknya bagus karena daun pepayanya tidak pahit di mulut dan kriuk ketika digigit. Tambahan teri dan rawit membuat hidangan khas bu Ayu ini makin nikmat.



Sambal



Wiiiii kalian pernah makan Bandeng Juwana? Pernah mencicipi sambal khas buatan mereka? Nah kira-kira rasa sambal buatan bu Ayu persis seperti itu, tapi buatan bu Ayu lebih manis pedas nampol hahaha.



Setelah ngobrol ngalor ngidul perut kami berontak minta diisi, baiklah perut, akhirnya kami memesan tiga porsi gudeg komplet. Untuk rasa tidak usah ditanya, paduan gudeg nangka dan pelengkapnya sangat juara. Supaya kalian tidak penasaran, biar gambar saja yang menjelaskan semuanya ya hehe.


Gudeg Komplet Dengan  Empal Gepuk, Krecek, Telur, dan Tahu Pedas (IDR 25K)



Gudeg Komplet Dengan Opor Ayam, Tumis Daun Pepaya, Krecek, Tahu Pedas, dan Telur 
(IDR 25K)


Gudeg Komplet Dengan Opor Ayam, Hati-Ampela Pedas, dan Krecek (IDR 20K) 




Bu Ayu selalu menggunakan daun pisang sebagai alas piringnya, dengan alasan agar ia tidak perlu repot lagi mencuci piring karena ia sendirian, warungnya kecil dan kurang memungkinkan untuk melakukan aktivitas cuci mencuci.



Untuk kalian yang hanya ingin memesan atau membungkus kereceknya saja, atau gudegnya saja, atau hati-ampela pedasnya saja juga bisa lho.




Complimentary Drink (FREE)





Wangi dan rasa Teh Poci itu khas. Mencium aroma dan menyesapnya akan "membawa" kita ke sebuah saung di tengah sawah yang luas, sungguh membuai #OkesipIniBerlebihan XD. Kalian bisa ambil sendiri teh yang disediakan di warung ini.

 



Menikmati sepiring gudeg khas Yogya di warung bu Ayu merupakan pengalaman yang sangat sangat menyenangkan. Di sana kami bukan hanya sekadar makan dan bercengkrama, tapi juga wisata hati dan wisata inspirasi. Kami banyak belajar dari perjuangan hidup bu Ayu. Terima kasih ibu.


Untuk kalian yang ingin mampir ke Warung Gudeg Yogya Gepuk Empal Bu Ayu di hari kerja, disarankan jangan datang terlalu siang. Kenapa? Karena jika kalian datang di atas pukul 11.00 WIB dipastikan warung penuh sesak oleh pegawai yang ingin dan sedang bersantap siang, dan jangan datang di atas pukul 13.00 WIB karena dipastikan dagangan bu Ayu HABIS terjual. Untuk hari Sabtu-Minggu, aman datang jam berapapun kecuali siang hari karena pasti dagangan sudah HABIS terjual juga.


Warung Gudeg Gepuk Empal Bu Ayu 
Jl. Pajajaran Indah V (Tinggal lurus dari RS BMC)
Bogor 16143
Phone          : 0878705661177
Open Hours : 08.00 - 14.00 (Mon - Sun)*
*opening and closing hours may change without prior notice


Love always,


Akhie
contact.nhr@gmail | Twitter | Instagram