Coffeegasm with Illy Coffee and The Ritz Carlton Jakarta Pacific Place

Bagiin:
02 November 2016






Dear Friends,


Halo apa kabar? Ehehehehehe semoga kalian sehat selalu ya. Hmmm musim hujan begini bawaannya pengin ngemil mulu gak sih? Iya kan?! Tapi kayaknya ngemil gak asyik tanpa ditemani secangkir kopi deh. Setuju? Cakep! . 



Berbicara tentang kopi, maka kita juga berbicara tentang gaya hidup. Di kota-kota besar kedai kopi tumbuh bak jamur di musim hujan, dengan mudah kita bisa menemukannya diberbagai sudut ibu kota. Kopi yang ditawarkan pun beragam mulai dari Americano hingga Gayo, Espresso hingga Luwak. 
Tapi tahukah kamu kalau kopi tak hanya enak untuk disesap, tetapi juga disantap. Yup kopi bisa dijadikan bahan racikan makanan yang menggugah selera. The Ritz Carlton Jakarta Pacific Place dan Illy Coffee serta PT. Bahana Genta Viktory mengusung ide tersebut dengan menghelat "Illy Coffee Dinner", sebuah jamuan makan malam eksklusif bersama Master Barista Fabrizio Aque, Illy Cafe Artist of Taste asal Italia, yang akan diadakan pada Kamis malam (03/10) di Pasific Restaurant and Lounge. Fabrizio akan memandu, mendeskripsikan masakan, dan memperkenalkan cita rasa kopi di dalam lima menu makanan kreasi Chef Sean Macdougall, Executive Chef The Ritz Carlton Jakarta Pacific Place. Namun sebelum makan malam berlangsung, Fabrizio akan mengadakan kelas khusus mengenai cara membuat kopi tanpa mesin pembuat kopi mewah. Eits tak berhenti sampai di situ, Fabrizio juga akan memperkenalkan racikan kopi spesialnya menggunakan Monoarabica Single Origin Beans dari Illy lho


Nah sebagai perkenalan menuju "Illy Coffee Dinner", kemarin (01/10) The Ritz Carlton Jakarta Pacific Place mengundang media dan narablog (blogger) untuk hadir dalam "Press Conference Illy Coffee Dinner". Pada kesempatan kali itu kami berkesempatan mencicipi lima menu dalam preview menu yang akan menjadi jagoan saat sajian makan malam bersama Illy Coffee berlangsung. Menurut Pramudya Bevan, East Area Manager PT. Bahana Genta Viktory, Illy Coffee ingin memberikan pengalaman gastronomi yang unik, kreatif, dan tak terlupakan bagi para pencinta kopi. 


Dengan merogoh kocek Rp 680.000++/orang kamu bisa menikmati lima menu yang digadang di "Illy Coffee Dinner". Lalu apa saja lima menu tersebut?

Antipasti: 
Cocoa Cured Beef, Sesame Toast, Green Pea Emulsion, Coffee Oil
Frappe

Satu hal yang pasti, platting sajian pertama ini cantik dan artsy dilihat dari berbagai sisi.

 
   
Oke fokus. Jika biasanya proses curing dilakukan menggunakan garam dan sejenisnya, di menu ini daging sirloin yang diiris tipis dibalur menggunakan bubuk coklat, hebatnya rasa coklat tak serta merta mendominasi rasa daging. Dagingnya empuk dan masih meninggalkan jejak juicy, campuran minyak kopi dari biji Illy Coffee membuat hidangan menjadi lebih istimewa. Sebagai pelengkap kamu akan menemukan cacahan kasar hazelnut, jamur, sesame toast yang gurih renyah, dan green pea emulsion yang lembut. Jika kamu satukan seluruh elemen yang ada di piring, maka kamu akan merasakan sensasi makan yang berbeda.

Menu ini disandingkan dengan Frappe yang memiliki citarasa kuat namun tak meninggalkan rasa asam berlebih di mulut, foamy dan milky namun ternyata tak mengandung susu sama sekali.



Verdict: ❤❤❤❤❤


***

Primi:
Duck Confit, Coffee pasta, Tomato Olive Caponata 
Espresso/Shakerato


Buat kamu pencinta pasta, pasti suka dengan menu satu ini. Siapa sangka jika Ravioli al dente berisi krim keju bisa serasi dengan saus kopi, rasa gurih dan pahit agak asam terasa mantap di lidah. 


Tomato olive caponata (tekstur seperti salsa) dengan rasa asam yang segar memberikan tendangan tersendiri ketika dimakan bersama ravioli.

  
Duck confit alias confit de canard konon merupakan hidangan terbaik Perancis, di "Illy Coffee Dinner" kamu bisa merasakan kenikmatan, kelembutan, dan kerenyahan kulit bebek kualitas terbaik tanpa harus jauh-jauh ke Perancis. Sekadar mengingatkan, jangan lupa untuk padukan semua elemen di atas piring untuk mendapatkan rasa yang maksimal ya.


Kenikmatan sajian di atas akan kurang tanpa kehadiran espresso/shakerato. Di Italia kamu akan mudah menemukan Shakerato, pun di Indonesia. Shakerato sendiri merupakan paduan antara espresso dan es batu yang dikocok hingga berbuih lalu dituang ke gelas (biasanya gelas martini).

Verdict: ❤❤❤❤❤



***

Secondi:

Coffee Barbecued Short Ribs, Jalapeno Adobo sauce, Carrot Flan
Espresso Fredo Greco/Cointreau Shakerato


Menyantap short ribs dengan saus bbq? Sudah biasa. Bagaimana jika short ribs berbalur saus bbq home made dicampur fresh brewed espresso? Wah itu baru berbeda. Yang jelas daging short ribs-nya super empuk dan meleleh ketika dimakan, campuran kopi semakin menegaskan rasa.

look at thoseeee *drool
Pada menu utama ini kamu akan dimanjakan dengan mashed potato lembut, creamy, dan tidak mahteh ketika dimakan; saus jalapeno adobo yang manis dengan hint sedikit pedas; dan carrot flan dengan bentuk unik serta memiliki rasa menarik karena serupa mashed pumpkin (pure de abobora). Jangan lupa sila menggabungkan semua elemen di piring dalam satu suapan untuk ledakan di mulut.



Lalu kopi apa yang pas untuk menemani santapan ini? Espresso Freddo Greco jawabannya. Serupa Shakerato namun memiliki karakteristik yang lebih dalam.





Verdict: ❤❤❤❤❤



***

Dolce:

Milk Chocolate, Dark Chocolate, Sesame Feuilletine, Black Olive Cremeux, Machiato Sauce
Espresso





TERBAIK! Satu kata itu saja yang mampu menggambarkan hidangan penutup -yang terlihat kurang menarik dari luar- ini. Benar adanya jika pepatah mengatakan "dont judge the book by it's cover", tampilan boleh kurang menarik, rasa? This dessert WAS DA BOMB. Lidahmu akan benar-benar dimanjakan dengan rasa yang sulit digambarkan *agak lebay sih tapi serius ini enaknya banget banget hehehe*. Buat penggemar hidangan penutup kudu musti harus coba!

Sebelum dihias, cantik ya ❤❤❤

Untuk menikmati hidangan penutup ini kamu akan ditemani secangkir espresso untuk menetralisasi rasa manis, kadar asam espresso-nya kuat namun serasi *mungkin jodoh *eh.  

Udah abis baru inget belum difoto zzz

Pada kesempatan kemarin kami juga diajari cara membuat Frappe oleh Arief Budiman, National Barista Trainer Illy Coffee. 



Ternyata membuat Frappe itu mudah. Cukup masukan 50ml double espresso, es batu, dan 10ml simple syrup, lalu diaduk dengan alat khusus hingga menciptakan foam yang diinginkan. Untuk kopinya sendiri menggunakan guatemala, karena ada unsur karamelnya. 




Membuat Frappe bisa memakai blender biasa atau hand mixer, hanya saja konsistensi dan foam-nya akan kurang bagus. Membuat Frappe paling cocok dengan emulsified blade karena bisa membuat foam terbentuk dengan baik.



Kemarin menjadi pengalaman yang greget. Lagi-lagi belajar hal baru tentang kopi dan sangat sangat menyenangkan. Buat kamu yang ingin merasakan pengalaman serupa catat tanggal mainnya ya:

Illy Coffee Dinner
03 November 2016
Pacific Restaurant and Lounge, 
The Ritz Carlton Pacific Place 
Sudirman Central Business District (SCBD)
Jalan Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta 
Reservasi: (021) 25501993.




   Love always,



Akhie

                                                          contact.nhr@gmail.com | Twitter | Instagram

 
Bagiin:
Menurutmu:
Location Ritz Carlton Pacific Place Jakarta, Senayan, Kebayoran Baru, South Jakarta City, Special Capital Region of Jakarta 12190, Indonesia

Akhielicious

Bogor Food Blogger

Fine Dining

Foodies

French Cuisine

Illy Coffee

Indonesian Food Blogger

Jakarta Selatan

JKTGO

Kekinian

Kuliner Jakarta

Pacific Place

RCC

The Ritz Carlton

Kirimkan ocehan: