Bienvenido a México! Viva Mexico by The Ritz Carlton Pacific Place Jakarta

Bagiin:
16 September 2017



Dear Friends,

Buenas tardes! Cómo estas? (halo! apa kabarmu?), tiba-tiba jadi pengin bisa bahasa Mexico setelah kemarin Akhie diundang dalam Media Luncheon bertajuk "Viva Mexico"- Modern Mexican Cuisine di Pacific Restaurant and Lounge The Ritz Carlton Pacific Place Jakarta.



Perhelatan "Viva Mexico" sendiri merupakan kerjasama antara The Ritz Carlton Pacific Place Jakarta dan Kedutaan Besar Meksiko di Indonesia untuk merayakan Hari Kemerdekaan Meksiko, nah secara eksklusif mereka menghadirkan Chef Julio Ortega lho. Lalu siapa Chef Julio Ortega? Yuk kita kenalan.


Chef Julio Ortega dikenal sebagai pembawa acara di program Ruta Baja, ia memulai keahlian memasak saat belajar di Colegio Superior de Gastronomia, setelah lulus ia memulai karir internasionalnya di Swiss dan Jerman. Saat ini ia memiliki laboratorium kreatif bernama TallerJo yang menyediakan katering untuk konferensi, demo memasak, dan jasa konsultasi kuliner. 

Ini kali kedua ia menyambangi Jakarta, kali ini ia membawa serta hidangan asal tanah kelahirannya dalam "Viva Mexico"- Modern Mexican Cuisine yang dihelat mulai 15 September hingga 20 September nanti. Ada dua opsi yang ditawarkan The Ritz Carlton Pacific Place Jakarta di Viva Mexico:

1. Sunday Brunch (17 September). Untuk Sunday Brunch harga dimulai dari Rp 398.000++per orang termasuk free flow juice dan ice tea
2. Modern Mexican Pairing Dinner (19 September). Untuk Modern Mexican Pairing Dinner kamu kudu merogoh kocek sekitar Rp 850.000++per orang termasuk wine pairing.

Lalu menu-menu khas Meksiko apa saja yang bisa kamu cicipi? Yuk kita bahas satu-satu

Ate con queso
Guava, goat cheese


JIka kamu pencinta keju bisa dipastikan menyukai hidangan pembuka ala Meksiko di gambar.


Buat Akhie sendiri rasanya unik dan agak sulit dijelaskan dengan kata. Intinya ketika dikunyah ada perpaduan asing antara goat cheese yang sedikit prengus serta asin dan jeli jambu merah manis. Penasaran gak? Cobain juga dong.


La Milpa
Corn




Kalau menurut Chef Julio hidangan ini menonjolkan rasa jagung ala Meksiko dengan empat cara yakni grilled, foam, sauce, and popped. Maksudnya ada empat elemen pada hidangan berbahan dasar jagung ini yakni dibakar, diekstrak lalu dijadikan foam, dibuat menjadi saus, dan dibuat menjadi berondong jagung. Penyajiannya asli beda banget, ada hidangan di atas hidangan. Di atas kamu bisa melihat jagung muda yang dibakar lalu dibubuhi feta cheese, rasanya menarik karena ternyata jagung muda dan feta cheese bisa menyatu juga hehe.


Jika kamu teliti maka kamu akan menemukan hidangan lain di bawah hidangan sebelumnya 


Hidangan di bawahnya merupakan cara Chef Julio mendekonstruksi ulang Esquite yang dikenal sebagai jajanan tradisional khas Meksiko. Momen di saat kamu membuka plastik pembungkusnya, indra penciumanmu akan disambut dengan wangi khas masakan yang diasap, belum cukup sampai di situ kamu juga akan dimanjakan dengan legitnya jagung pipil bakar dengan bumbu khas Meksiko penggugah selera




Keempat elemen pada hidangan ini berpadu serasi menciptakan sensasi baru dan memanjakan indra pengecapmu. Gak nyangka jagung bisa diolah menjadi hidangan fine dining super kece.

Aguachille negro
Mexican style ceviche


Masam. Satu kata itu saja yang mampu menggambarkan hidangan berisi cured fish (ikan yang telah melalui proses fermentasi), roasted chili ashes, lemon, minyak wijen, ketimun, lobak, dan mayonais asap.


Akhie pikir rasa masam hanya akan dijumpai ketika mengigit cured fish, sayangnya hampir semua elemen terasa masam. Untuk Akhie menu satu ini rasanya ajaib dalam artian ambigu, tetapi semua kembali ke seleramu ya.


Tamal de Pollo
Chicken tamale


Jagung here, jagung there. Masakan Meksiko nampaknya memang didominasi dengan penggunaan jagung, keren sekali akhirnya makin tahu kalau ternyata jagung bukan hanya bisa dibakar atau dijadikan tortilla semata. Seperti menu satu ini, siapa sangka kalau jagung bisa diolah serupa lontong bernama Corn Tamale.


Corn tamale benar-benar memiliki kepadatan serupa lontong khas Indonesia, segigit sampai tiga gigit akan membuatmu merasa kenyang. Yang membedakan, corn tamale sedikit asin dengan tekstur berbulir ketika disantap dan mudah hancur.


Menu ini dipadankan dengan chicken terrine yang smooth serta empuk, green mole sauce serta charcoal ashes membuat rasanya semakin nendang. Psst rasa green mole sauce-nya sedikit mirip saus kacang pada penganan satai lho hihi.


Oh iya karena corn tamale dan chicken terrine-nya memiliki kepadatan serupa, maka kamu akan merasa kenyang sekali dan merasakan mahteh tak terkira. Ketika kamu merasakan hal itu segera santap roasted pumpkin dibalur green mole sauce, dijamin yang kamu rasakan segera hilang.


Helado de maiz azul
Blue corn and cinnamon ice cream


Kamu pasti gak akan percaya kalau hidangan penutup di atas juga terbuat dari jagung. Iya, JAGUNG hahahahaha. Eits tapi jangan remehkan kekuatan jagung di hidangan penutup karena TERBUKTI ENAK, wow. Yang akan kamu jumpai di sajian penuh kejutan ini antara lain blue corn and cinnamon ice cream, cajeta sauce (semacam saus karamel), popcorn powder, dan peanut butter jelly (serupa mousse).


Secara keseluruhan rasanya enak dan tak terasa rasa jagung sama sekali. Sekadar saran untukmu, dikarenakan semua elemen di atas piring saling melengkapi satu sama lain, makannya jangan dipisah (misal es krimnya dulu, baru peanut butter jelly-nya) tetapi langsung saja dipadukan semua ya.


Pengalaman bersantap hidangan ala Meksiko merupakan pengalaman perdana untuk Akhie, agak keget dengan rasanya yang berani dan penuh kejutan. Kapok? Nggaklah, justru malah pengin menyelami lagi kekayaan kuliner negara lain. Pokoknya semua menu Viva Mexico ala Chef Julio Ortega dijamin akan memuaskan indra pengecapmu, bukan hanya itu melalui semua sajian yang dihidangkan kamu juga diajak mengenal budaya Meksiko  lebih dalam lagi. 



Kalau kamu ingin merasakan pengalaman serupa langsung saja RSVP ke nomor (021) 25501993 ya. Terima kasih The Ritz Carlton Pacific Place untuk undangannya, brava!



Viva Mexico

15-20 September 2016

Pacific Restaurant and Lounge,  The Ritz Carlton Pacific Place 

Sudirman Central Business District (SCBD)

Jalan Jendral Sudirman Kav. 52-53

Jakarta 

Sampai jumpa diposan esok hari bersama #KamuJugaBisaMasak yeey.


   Love always,











Akhie

                                                    contact.nhr@gmail.com | Twitter | Instagram






Bagiin:
Menurutmu:

Akhielicious

Bogor Food Blogger

Bogor Foodies

Fine Dining

HITS

Indonesian Food Blogger

Kedutaan Besar Meksiko

Kuliner Jakarta

Makanan Meksiko

Mexican Food

Pacific Place

The Ritz Carlton

Kirimkan ocehan: