Kamu Juga Bisa Masak! Makan Garlic Crouton di Paris Yuk!

Bagiin:
23 September 2017






Dear Friends,

Alhamdulillah masih bertemu dengan wiken lagi. Bagaimana kabarmu? Akhie harap kamu selalu baik-baik saja ya karena kalau sakit repot kan ntar gak bisa masak lagi hehehe. Akhie mau bertanya nih, pernahkah kamu mampir ke resto masakan Perancis? Kalau pernah apa yang paling kamu sukai di resto tersebut? Lah? Crouton? Serius? Wah sama dong kita hahahaha. Crouton alias roti panggang berbentuk kubus dapat dengan mudahnya kita temui di caesar salad atau sup ala Parisian, bentuknya yang kecil serta rasanya yang enak (walau tawar) asli bikin ketagihan.

Nah ternyata kamu juga bisa membuat crouton sendiri di rumah, dan paaas banget di rumah masih ada roti tawar, margarin, bawang putih, dan parsley siap pakai jadii bisa banget nih dibuat Garlic Crouton. Yah ala-ala Garlic Bread gitulah hehe. Buat yuk!


Bahan yang kamu butuhkan

Roti Tawar
merk apapun, empat-enam lembar




Bawang Putih
Empat siung




Margarin atau minyak zaitun
Merk apapun, sekitar enam sendok makan




Parsley siap pakai dan garam (secukupnya)




Cara Membuat

Pertama-tama panaskan oven di angka 170'C terlebih dahulu (jika tak punya oven kalian bisa menggarang roti di atas teflon, dengan catatan harus sering dicek karena takut gosong. Kekurangan ketika kita menggunakan teflon ialah kegaringan crouton tak akan bertahan lama), karena jika dadakan proses memasaknya akan semakin lama. Jika sudah dipanaskan dibiarkan dulu sebentar.

Keluarkan roti dari kemasan, taruh di udara terbuka (diangin-anginkan) sekitar sepuluh menit hingga teksur rotinya menjadi sedikit mengeras. Tujuannya agar kita lebih mudah ketika mengoles dan mengirisnya menjadi kotak kecil. Sisihkan. 

Rajang halus atau uleg empat siung bawang putih hingga halus (kalau mau agak chunky juga boleh tergantung selera aja ya) lalu campurkan dengan enam sendok makan margarin serta parsley lalu aduk sampai semua tercampur rata, beri garam secukupnya. Sip jadi deh olesan Garlic Crouton kita




Jika roti dirasa telah mendekati kekerasan yang diinginkan segera olesi dengan bahan olesan di atas hingga merata, sejurus kemudian potong roti menjadi kotak-kotak kecil. 





Panggang sekitar 25 menit hingga crouton berwarna kecoklatan atau mengering, kamu harus rajin ngecek karena ngerinya lupa eh gosong, kan sayang. Sudah matang? Bagus, keluarkan dari oven lalu diinginkan dan taruh di wadah tertutup rapat. 

WALA JADI DEH!




Sekarang kamu punya cemilan gurih asyik untuk teman nonton dan lainnya deh. Tuh apa Akhie bilang, #KamuJugaBisaMasak kan? Keceeh! Oh iya jika ditempatkan di wadah tertutup, crouton bisa tahan hingga dua minggu lho, wooow!

Masak itu mengasyikan ya, makanya jangan sampai patah arang, kita sama-sama belajar walau resepnya sangat sederhana. Kenapa? Jelas karena #KamuJugaBisaMasak, jangan mau kalah dari home cook yang biasa kamu lihat di teve dong hehehe. Tetap semangat  dan sampai jumpa minggu depan, wiiiiiiii.


***

#KamuJugaBisaMasak merupakan project yang Akhie gagas untuk memanfaatkan bahan-bahan sisa (left over) atau bahan seadanya di rumah/ di kos untuk disulap menjadi menu baru. #KamuJugaBisaMasak diharapkan mampu menjawab kegundahan hati para pemasak rumahan pemula yang merindukan resep masakan mudah dengan harga agak terjangkau hehe. JIka kamu punya resep unik berbahan dasar asyik, sila kirimkan ke alamat email kamujugabisamasak@gmail.com ya.



 



Love always, 




Akhie

                                                   contact.nhr@gmail.com | Twitter | Instagram

Bagiin:
Menurutmu:

Akhielicious

Bogor Foodies

HITS

Kamu Juga Bisa Masak

Kekinian

Kuliner Bogor

Kuliner Depok

Kuliner Jakarta

Kuliner Murah Meriah

Mama'sChicken

Kirimkan ocehan: