Kamu Juga Bisa Masak! Hangatnya Puding Roti Sehangat Kenangan Bersama Mantan

21 Oktober 2017





Dear Friends,


Jadi di rumah, mamahnya Akhie lagi suka banget sama roti gandum, tapi karena beliau jarang mengonsumsi roti terlalu banyak akhirnya roti-roti gandum itu terhempas manjyah menuju tanggal kedaluwarsa. Daripada ujung-ujungnya mubazir sudah saatnya diubah menjadi makanan baru, maka terbitlah ide untuk membuat Baked Bread Butter Pudding alias Puding Roti Panggang. 

Tenang saja walaupun namanya sok kebulay-bulayan, tetapi membuat penganan penutup satu ini "gak" begitu sulit kok asal mengikuti langkah-langkah yang akan Akhie jelaskan di bawah. Sudah siap? Yok kita masak, karena #KamuJugaBisaMasak!


Bahan Yang Kamu Butuhkan

Roti Gandum
enam sampai tujuh potong (banyaknya disesuaikan dengan selera. Jenis roti juga disesuaikan saja dengan yang kamu miliki di rumah/kosan. BEBAS)


Telur 
Empat butir


Susu UHT Full Cream dan Whipping/Heavy Cream (Akhie pakai dua-duanya)
Merk bebas, takaran masing-masing sekitar 300ml dan 250 ml 



Unsalted Butter
Sekitar 115 gram lalu cairkan 



Vanila satu bungkus dan Bubuk Kayu Manis satu sendok teh (atau sesuai selera)



Gula
Untuk campuran Saus Kuning kurang lebih 1/2 cup (60 gram) dan untuk campuran Saus Putih kurang lebih 1/4 cup (30 gram). Disesuaikan dengan selera

Pirex atau pinggan tahan panas lainnya. Ukuran disesuaikan saja yes



Cara Membuat

Pertama-tama panaskan oven pada suhu 180' celcius, lalu biarkan dengan api kecil (btw di rumah Akhie pakai oven kompor, bukan oven modern jadi sila disesuaikan yow). Fungsi memanaskan oven terlebih dahulu ialah untuk "mempersingkat" proses memasak dan meratakan panas di dalam oven ke berbagai penjuru. Nah jika kamu tak memiliki oven janganlah ragu, khawatir atau bimbang, sebagai alternatifnya kamu bisa mengukus si puding roti dengan bahan yang sama. Hanya saja hasil akhirnya jelas berbeda dengan versi panggang, asal sama-sama enak mah habek aja bleh. 

Masuk ke tahap selanutnya yuk. Mari potong roti sesuai selera (kotak, kembang-kembang, jajaran genjang, BEBAS), kalau kamu ingin roti tanpa pinggiran maka kamu kudu menguliti cuping rotinya atau beli saja roti tanpa pinggiran. Akhie sengaja tak memangkas cuping roti karena ingin mendapakan tekstur crunchy ketika menyantap si puding.


Olesi roti dengan butter leleh, dilakukan sampai bahan habis ya. Kamu ingin mengganti butter dengan margarin? Boleh kok. Kalau Akhie lebih memilih butter karena membuat masakan lebih wangi, namun semua kembali ke selera. Jika sudah selesai dengan kegiatan oles mengoles saatnya menyusun roti di pinggan tahan panas yang telah diolesi butter. Tak ada aturan rotinya harus disusun seperti apa, silahkan berkreasi huehehehe.





Di wadah terpisah pecahkan telur, ambil kuningnya saja, campur dengan 60 gram gula putih lalu aduk hingga tercampur rata. Sisihkan, Saus Kuning selesai.

Untuk Saus Putih masukan 300 ml susu UHT full cream, 250 ml whipping cream, satu sachet vanila bubuk, dan 30 gram gula (di resep ini Akhie tak menambahkan gula lagi karena whipping cream yang digunakan sudah manis). Panaskan di atas api kecil sambil diaduk-aduk hingga mendidih, jika sudah mendidih angkat lalu tuangkan Saus Kuning ke dalam Saus Putih ditambah satu sendok teh bubuk kayu manis. Pastikan tecampur rata.


Saus Kuning
Saus Putih, panaskan hingga mendidih di atas api kecil
Campur keduanya
*Catatan: Kalau di rumah tak ada whipping cream, kamu bisa menggantinya dengan susu kental manis*

Saring dan tuangkan saus ke atas roti sampai merata, kalau kurang rata sila ratakan dengan sendok atau garpu. JIka kamu ingin meratakan adonan puding memakai garpu, tusuk-tusuk adonan perlahan sambil bayangkan wajah mantan biar lebih mantap *eh hingga saus benar-benar menutupi rotinya. Sudah? Woke saatnya panggang puding rotimu selama 25 hingga 30 menit.




.......dan WALA JADI DEH!

Tambahkan gula bubuk di atas puding rotimu supaya rasanya lebih mantap. Mau makin mantap? Tambahkan es krim kesukaanmu, pasti makin ashoooy!



Nikmati puding roti ini selagi hangat ya, karena sensasi garing di luar lembut di dalam akan lebih terasa. Oh iya tahukah kamu kalau campuran Saus Kuning dan Putih di atas menciptakan saus custard lembut lho, jadi kamu tak perlu menambahkan saus apapun lagi. Ah satu hal lagi, puding roti akan makin nyes jika ditambahkan kismis, hanya saja di rumah Akhie tak ada kismis jadinya di skip dan diganti strawberi segar.

Sebenarnya membuat puding roti lebih enak menggunakan croissant. Kenapa? Karena croissant memiliki wangi khas ketika dipanggang dan tekstur yang bagus bahkan ketika diolah menjadi hidangan lain. Sayang harga croissant agak mihil, saran Akhie mah pakai roti apapun yang ada di rumah atau kosanmu sadja.  

Gimana? Lumayan mudah kan membuatnya? Memang sih kelihatannya ribet, tapi asli deh prosesnya asyik kok. Namanya juga belajar, kalau tak ada tantangan ya bukan belajar namanya. Inga karena #KamuJugaBisaMasak maka kamu harus tetap kudu mesti harus belajar teros. Yuk belajar sama-sama, selamat berkreasi ya.

Sekadar informasi, biaya untuk membuat resep ini antara lain
Rp 12.500,00- untuk susu UHT (lagi diskon wakakakak)
Rp 4500,00- untuk beberapa sachet vanila bubuk
Total Rp 17.000,00-. 
WOOOW! Kok murah? Karena bahan lainnya sudah ada di rumah (baca: stok lama)

Sampai jumpa minggu depaaan!





***

#KamuJugaBisaMasak merupakan project yang Akhie gagas untuk memanfaatkan bahan-bahan sisa (left over) atau bahan seadanya di rumah/ di kos untuk disulap menjadi menu baru. #KamuJugaBisaMasak diharapkan mampu menjawab kegundahan hati para pemasak rumahan pemula yang merindukan resep masakan mudah dengan harga agak terjangkau hehe. Jika kamu punya resep unik berbahan dasar asyik, sila kirimkan ke alamat surat elektronik kamujugabisamasak@gmail.com ya.



Love always,




Akhie

                                                   contact.nhr@gmail.com | Twitter | Instagram