Kamu Juga Bisa Masak! Ini Dia Cara Bikin Fried Chicken Kesukaanmu!

28 Oktober 2017




Dear Friends,


Akhirnya kita memasuki akhir bulan Oktober, berarti sudah empat weekend Akhie memberikan resep mudah untuk kamu terapkan di rumah. Gimana gimana? Udah mulai rajin berkreasi belum? Ayo kita kalahkan rasa malas untuk beraksi, karena rasa malas takkan membawamu ke mana-mana hehehehe.

Oke, di wiken kali ini Akhie ingin berbagi resep makanan favorit yakni fried chicken alias ayam goreng tepung ala Amerika. Entah susuk apa yang dipakai makanan  satu ini hingga rasanya sulit banget untuk gak tergoda, tapi kan ya kalo beli mulu sayang juga uangnya, oleh karena itu Akhie memutuskan untuk memasaknya sendiri. Nah kalau Akhie bisa, maka #KamuJugaBisaMasak

Bahan Utama Yang Kamu Butuhkan

Ayam sekitar satu kilogram, lalu dipotong menjadi beberapa bagian



Ada dua langkah yang KUDU kamu lakukan untuk membuat resep masakan ini yaitu Membuat Bumbu Marinasi (Bahan Basah) dan Membuat Campuran Tepung (Bahan Kering), yuk kita cari tahu di bawah



Membuat Bumbu Marinasi (Bahan Basah)

Ada dua Langkah yang harus kamu lakukan dalam memarinasi ayam. Langkah pertama membuat bumbu halus untuk baluran pertama, bahannya antara lain:

Tujuh siung bawang putih



Setengah bungkus ketumbar bubuk siap pakai


Garam secukupnya


Lada putih butiran sekitar dua sendok teh


Dua sendok makan Bon Cabe Level 30


Semua bahan di atas kamu blender atau uleg hingga halus. Lalu sisihkan


Kemudian di mangkuk terpisah siapkan ayam potongan ayam lalu balur dengan bumbu marinasi yang telah kita buat, diamkan selama satu jam di dalam kulkas



Langkah kedua kamu kudu menyiapkan bahan marinasi selanjutnya menggunakan buttermilk, namun karena agak sulit mencari buttermilk di Indonesia maka kamu bisa menggantinya dengan susu full cream dicampur perasan air jeruk nipis. Di resep ini Akhie menggunakan santan siap pakai. Bahan yang kamu butuhkan:

Empat kotak santan siap pakai



Satu buah jeruk nipis ukuran sedang


 Dua ratus mili air hangat


Garam secukupnya



Campurkan santan dengan air lalu ditambah perasan jeruk nipis, jangan lupa ditambah garam secukupnya atau sesuai selera, pastikan rasanya pas.


Sudah? Yok masukkan ayam yang telah dimarinasi sebelumnya ke dalam bahan marinasi kedua ini, bungkus dengan plastic wrap lalu diamkan di dalam kulkas selama empat jam.





Membuat Campuran Tepung (Bahan Kering)

Selama ayam berada di dalam kulkas kamu bisa menyiapkan langkah ketiga yakni membuat campuran tepung, bahannya antara lain:




Tiga cup  tepung terigu merk Segitiga Biru (all purpose flour)


Setengah cup tepung maizena


Satu sendok teh baking powder


Tiga sendok makan bubuk bawang putih


Tiga sendok makan Bon Cabe Level 30


Garam secukupnya


Aduk semua bahan kering di wadah terpisah, jika sudah maka kita bisa memroses ayam yang telah dimarinasi. Caranya mudah kamu cukup masukan ayam ke dalam bahan kering remas-remas hingga bahan kering tercampur rata, lalu masukan kembali si ayam ke dalam bahan basah (marinasi). Setelah itu masukan lagi ke dalam bahan kering hingga bahan habis. Diamkan sekitar dua menit atau langsung goreng aja hahahahaha.




Kalau kamu rasa prosesnya sudah oke, maka langkah selanjutnya ialah menyiapkan penggorengan berisi minyak panas. Penggunaan minyaknya bisa kamu sesuaikan sendiri ya. Ingat minyaknya kudu panas banget supaya proses memasaknya tak terlalu lama.


Ayam yang telah dibalur tepung kita masukan ke dalam minyak panas dan digoreng selama lima hingga enam menit, pastikan semua bagian ayam matang merata dan lakukan hingga bahan habis.

......daaan WALA JADI DEH fried chicken enak buatan sendiri



Bagaimana? Mudah kan membuat fried chicken di rumah? Daripada kamu jajan mulu di luar, kan lebih hemat kalau membuatnya sendiri. Akhie udah trial resep ini beberapa kali dan suka sekali dengan hasil yang sekarang. Memang sih bumbu basah untuk marinasi itu lebih pas menggunakan susu full cream dicampur jeruk nipis peras, tapi ternyata penggunaan santan malah membuat rasa fried chicken semakin gurih dan beraroma kelapa. Ah kusuka. Tapi semua kembali ke seleramu yaaa.

Oh iya buat kamu yang bingung kenapa marinasi membutuhkan total waktu hingga lima jam, alasannya agar bumbunya meresap dan tekstur ayamnya bagus serta juicy. Boleh percaya atau nggak, tapi asli deh ayamnya juicy abis dan bumbunya meresap mantap.   

Makanya yuk coba bikin juga! 


Jadi lapar ya Rabb
Sampai jumpa di posan minggu depan yaaaaaaa!


***

#KamuJugaBisaMasak merupakan project yang Akhie gagas untuk memanfaatkan bahan-bahan sisa (left over) atau bahan seadanya di rumah/ di kos untuk disulap menjadi menu baru. #KamuJugaBisaMasak diharapkan mampu menjawab kegundahan hati para pemasak rumahan pemula yang merindukan resep masakan mudah dengan harga agak terjangkau hehe. Jika kamu punya resep unik berbahan dasar asyik, sila kirimkan ke alamat surat elektronik kamujugabisamasak@gmail.com ya.





Love always,





Akhie

                                                   contact.nhr@gmail.com | Twitter | Instagram